34 C
Sidoarjo
Jumat, 18 Oktober 2024

Buy now

spot_img

RUBI Cabang Mojokerto Berharap Pemkab Mojokerto Gelar Festival Bonsai

Menoro.id – Dalam rangka haul ke-32 K.H. Achmad Qusyairi Manshur, Ibu Nyai Solihah Bahri dan masyayikh. Pondok Pesantren Darul Hikmah di Desa Sawahan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, menggelar Bazaar Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Badan Usaha Milik Negara (UKM). Salah satu UKM yang turut serta dalam kegiatan ini ini, adalah petani dan seniman bonsai, yang tergabung dalam Rumah Bonsai (RUBI) Cabang Mojokerto Raya.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan, M. Riza Damanik, juga tampak tertarik dengan komunitas bonsai. Ketua RUBI Cabang Mojokerto, Budi Udik Utomo, mengatakan meski hanya mendapatkan satu stan pameran, RUBI Mojokerto Raya menghadirkan empat komunitas bonsai dari Komunitas MBC, PBB Bangsal, KBC Kutorejo dan BAC MT Ngoro. Riza sempat kaget, ketika mendapat penjelasan dari Udik, bahwa Ketua Umum RUBI adalah Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia. “Prof Zudan itu ketuanya. Emang disini banyak yang beli bonsai,” ujar staf khusus Menteri Koperasi. Udik menjawab, banyak pak dan di Mojokerto anggota RUBI sekitar 150 petani bonsai dan seniman bonsai. “Lumayan ya, ok pak, sukses ya,” kata Riza kepada komunitas RUBI Cabang Mojokerto.

Bahkan Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barraa, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mojokerto, Abdulloh Muhtar, juga memberikan apresiasi kepada komunitas bonsai RUBI Cabang Mojokerto. Sebelumnya, beberapa komunitas anggota RUBI Cabang Mojokerto telah mengikuti kegiatan Dinas Koperasi dan UKM sebagai anggota UMKM kreatif di Ladang Anggrek Kecamatan Pungging. Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barraa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengapresiasi kegiatan komunitas bonsai yang turut aktif dalam pameran. “Bonsai merupakan salah satu ekonomi kreatif yang perlu dikembangkan” tambah Al Barraa.

Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barraa, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Abdulloh Muhtar, bersama komunitas bonsai RUBI Cabang Mojokerto.

Abdulloh Muhtar sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM, berharap komunitas bonsai selalu aktif bersinergi dengan Dinas Koperasi. “Selanjutnya, Dinas Koperasi akan mengikut-sertakan RUBI Cabang Mojokerto dalam setiap even pameran UMKM. Sangat senang mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Mojokerto, melalui Dinas Koperasi dan UKM bisa masuk menjadi anggota UMKM kreatif. Harapan kami, Pemerintah Kabupaten Mojokerto bisa menggelar festival bonsai Piala Bupati Mojokerto seperti di Kabupaten Lamongan yang dihadiri Ketua Umum Rubi, Zudan Arif Fakrulloh, yang juga menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri Republik Indonesia, dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak,” jelas Udik. Selama ini, komunitas bonsai yang tergabung dalam RUBI Cabang Mojokerto selalu mandiri sebagai petani bonsai dan seniman bonsai dalam berbagai kegiatan seperti pameran serta festival bonsai. (newsroom)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Cuaca Hari Ini

Sidoarjo
few clouds
34 ° C
36.1 °
34 °
46 %
5.7kmh
20 %
Jum
33 °
Sab
34 °
Ming
34 °
Sen
32 °
Sel
34 °
- Advertisement -spot_img

Latest Articles