27 C
Sidoarjo
Jumat, 13 September 2024

Buy now

spot_img

Apel Kehormatan dan Renungan Suci Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di TMP Gajah Mada Kota Mojokerto

Menoro.id – Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024, Forkopimda Mojokerto Raya menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Kota Mojokerto. Upacara apel kehormatan para pahlawan tersebut dipimpin langsung Danrem 082/CPYJ Mojokerto, Kolonel Inf. Heri Rustandi. Apel renungan suci ini dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Mojokerto Raya, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Pj Wali Kota Mojokerto Muhammad Ali Kuncoro juga turut hadir dalam upacara apel ini.

Upacara memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, diawali dengan pemadaman lampu TMP. Setelah dilakukan pemadaman, lilin makam dinyalakan dan dua orang petugas pembawa obor menyalakan obor. Sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Sesudah obor di nyalakan, pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur upacara. Naskah apel kehormatan dan renungan suci yang dibacakan oleh Inspektur upacara Danrem 082/CPYJ Mojokerto Kolonel Inf. Heri Rustandi.

“Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan Nusa dan Bangsa yang telah bersemayam di taman makam pahlawan ini sebanyak, 1. TNI 940 pahlawan, 2. Polri 25 pahlawan, 3. tidak dikenal 182 pahlawan, 4. Wredatama 15 pahlawan, 5. Laskar 85 pahlawan, jumlah 1.247 pahlawan. Begitupun para pahlawan yang tidak di kenal nama dan tempatnya, di Kota-Kota, di Dusun-Dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah harai, dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridohan, keihklasan, dan kesucian pengorbanan saudara-saudara dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagian Nusa dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kami juga, kami berdoa semoga arwah saudara-saudara di terima oleh Tuhan yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ucap Kolonel Inf. Heri Rustandi saat membacakan naskah kehormatan dan renungan suci.

Upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada selama 30 menit tersebut berjalan dengan khidmat. Upacara di tutup dengan seluruh peserta upacara mengheningkan cipta mendoakan, agar arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya. Sementara itu, Kepala Dinas Sosila (Dinsos) Kota Mojokerto, Choirul Anwar, mengatakan bahwa Dinsos sebagai leading sektor dalam apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Kota Mojokerto dikarenakan salah satu tugas pokok fungsi Dinsos yaitu menangani Taman Makam Pahlawan (TMP). “Jadi ini ikut di bidang bina pemberdayaan sosial yang menangani Taman Makam Pahlawan untuk kegiatan-kegiatan upacara,” terang Anwar.

Anwar juga mengatakan, upacara apel kehormatan dan renungan suci tahun 2024 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan peserta upacara sangat antusias sekali dalam melaksanakan upacara walaupun pukul menunjukkan dini hari. “Peserta upacara sangat antusias sekali di tahun ini. Contohnya sebelum upacara di mulai peserta sudah ada yang hadir dari pukul 22.00 WIB di Taman Makam Pahlawan. Di bandingkan dengan tahun-tahun kemarin tahun ini lebih greget,” tambah Anwar.

Kepala Dinsos Kota Mojokerto berharap, untuk tahun-tahun kedepannya memperingati kemerdekaan Republik Indonesia dengan upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Mojokerto lebih antusias lagi dan lebih greget lagi di bandingkan tahun ini. (newsroom)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Cuaca Hari Ini

Sidoarjo
few clouds
27 ° C
27 °
27 °
69 %
2.6kmh
20 %
Jum
27 °
Sab
33 °
Ming
33 °
Sen
33 °
Sel
33 °
- Advertisement -spot_img

Latest Articles