25 C
Sidoarjo
Minggu, 8 September 2024

Buy now

spot_img

ASEAN Panji Festival Untuk Melestarikan Budaya Jawa Timur

Menoro.id – ASEAN Panji Festival 2023 ini diselenggarakan untuk mempromosikan budaya panji yang dimiliki negara ASEAN, khususnya bagi Jawa Timur sebagai tempat lahirnya budaya panji. Kegiatan ini melibatkan delegasi sembilan negara ASEAN yakni Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Kemendikbudristek RI bersama Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk malam puncak acara The ASEAN Panji Festival 2023 di Kabupaten Pasuruan ini, kegiatan diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) bertajuk ‘Panji Dalam Perspektif Sejarah dan Purbakala’. Acara diisi dengan kolaborasi sendratari berjudul ‘Panji Sumirang’ dari delegasi sembilan negara ASEAN.

Cerita Panji merupakan sebuah produk asli kebudayaan dari Provinsi Jawa Timur yang secara garis besar menceritakan kisah cinta penuh perjuangan, antara Raden Panji Asmarabangun atau Raden Panji Inukertapati dari Kerajaan Jenggala dan Dewi Sekartaji atau Dewi Candra Kirana dari Kerajaan Kediri. Naskah cerita panji sudah ditetapkan sebagai Memory of The World oleh UNESCO pada 31 Oktober 2017 lalu.

Mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono menyampaikan, keberagaman cerita Panji atau Inao di Asia Tenggara merupakan kekayaan kultural yang harus dilestarikan. “Meskipun berasal dari negara dan bangsa yang berbeda. Namun kita semua dipersatukan oleh cerita Panji atau Inao. Ini merupakan kekayaan kultural yang harus dilestarikan, cerita Panji juga telah memberikan bukti bahwa karya luhur budaya asli Jawa Timur mampu menembus batas-batas wilayah dan zaman sehingga dapat diterima dan terus berkembang di berbagai negara di Asia Tenggara hingga saat ini,” jelas Sekdaprov Adhy.

Bagi masyarakat Jawa Timur, Adhy menerangkan, cerita Panji tidak hanya sebatas karya sastra saja. “Representasi cerita panji di Jawa Timur juga berkembang di dalam berbagai ragam ekspresi budaya, baik budaya benda maupun budaya tak benda sehingga meluas menjadi budaya panji,” tukas Adhy. (newsroom)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Cuaca Hari Ini

Sidoarjo
broken clouds
25 ° C
25 °
25 °
88 %
3.1kmh
72 %
Ming
33 °
Sen
33 °
Sel
33 °
Rab
32 °
Kam
32 °
- Advertisement -spot_img

Latest Articles