24 C
Sidoarjo
Jumat, 13 September 2024

Buy now

spot_img

Pemeliharaan Tanggul Sungai Gembong Pasuruan Rawan Penyimpangan, Direktur Pusaka Minta Hentikan Proyek

Menoro.id – Pemeliharaan dan perbaikan tanggul kritis sungai Gembong di Kota Pasuruan, dinilai rawan penyimpangan yang menyebabkan kerugian negara dari papan informasi proyek yang tidak menjelaskan secara rinci, Kamis (26/10/2023) siang.

Direktur Pusat Studi Advokasi dan Kebijakan (Pusaka) Lujeng Sudarto, mengatakan di papan informasi pengerjaan proyek seharusnya berisikan beberapa keterangan mulai dari biaya, waktu, hingga pelaksana pekerjaan tidak tercantum.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pusat Studi Advokasi dan Kebijakan (Pusaka) Lujeng Sudarto mengatakan, bahwa dalam pengerjaan proyek harus disertai informasi yang jelas. “Seperti halnya nama penyedia dan pengawas. Bahkan jumlah anggaran dalam pekerjaan tersebut tidak ada,” ungkap Lujeng Sudarto.

“Tindakan ini tidak transparan dan mengarah pada penyimpangan, seperti pengurangan volume dan spesifikasi. Ditambah lagi waktu pelaksanaan yang tidak jelas sehingga rawan terjadinya kerugian negara dan akan saya bawa kerana hukum,” tambah Lujeng Sudarto.

Tidak sampai disitu, dampak dari pengerjaan proyek tersebut membuat jalan di tanggul rusak dan sangat membahayakan aktifitas warga. Subur, salah satu warga juga sempat dibentak ketika dirinya hendak menanyakan kejelasan pekerjaan tersebut. Warga juga menanyakan dalam plakat pengerjaan tidak dituliskan dengan jelas.

“Saya cuman tanya, malah sama petugas dari Provinsi Jawa Timur membentak. Karena ini menyangkut nyawa warga,” tambah Subur. Proyek yang dibawah Dinas Pekerjaan Umum Sumberdaya Air Provinsi Jawa Timur ini, Lujeng menyampaikan segera dihentikan terlebih dahulu. “Mengingat transparansi informasi yang belum jelas,” tegas Direktur Pusaka, Lujeng Sudarto. (newsroom)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Cuaca Hari Ini

Sidoarjo
few clouds
25 ° C
25 °
25 °
83 %
1.5kmh
20 %
Kam
25 °
Jum
33 °
Sab
33 °
Ming
33 °
Sen
33 °
- Advertisement -spot_img

Latest Articles