24 C
Sidoarjo
Kamis, 19 September 2024

Buy now

spot_img

NGO Hearing Dengan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Terkait Pj Bupati Pasuruan Berintegritas

Menoro.id – Belasan Non Goverment Organization (NGO) yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Transparansi untuk Pemilu Pilkada (GERTAP) melakukan hearing dengan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, di salah satu ruang rapat untuk mempertanyakan Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan nantinya. Dimana berakhirnya masa jabatan Bupati Pasuruan pada september 2023 mendatang, sedangkan masa pilkada masih di November 2024 mendatang maka kekosongan ini sangat rawan dimanfaatkan untuk kepentingan golongan.

Untuk mengantisipasi kepentingan golongan, Ketua koordinasi GERTAP, Anjar, menyampaikan agar Pj Bupati Pasuruan yang diusulkan harus orang yang berintegritas dan bebas kepentingan politik maupun motif ekonomi. “Kami berharap nantinya, Pj Bupati Pasuruan benar-benar orang yang mempunyai kemampuan untuk memimpin, pasalnya kebijakan yang diambil mempunyai dampak yang besar bagi masyarakat,” ungkap Anjar.

Disisi lain, Lujeng Sudarto yang juga pegiat sosial, mengingatkan bahwa penunjukan Pj Bupati Pasuruan tidak hanya sekedar memiliki kepantasan jabatan. Lujeng mrngatakan, satu tahun jabatan PJ Bupati itu dalam masa transisi rentan untuk dimanipulasi kekuatan politik manapun, untuk mendapatkan political benefit serta rente ekonomi dalam pengadaan barang dan jasa.

“Proses penunjukan Pj Bupati Pasuruan harus diawasi agar tidak diintervensi oleh kekuatan politik atau pihak-pihak manapun,” tandas Lujeng. Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan mengatakan, hingga saat ini penunjukan Pj Bupati Pasuruan masih belum ada dan perlu komunikasi-komunikasi dengan pihak-pihak terkait bagaimana tata cara pengusulan Pj Bupati.

“Hingga saat ini untuk proses penunjukan Pj Bupati Pasuruan masih belum ada, kami akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk proses bagaimana penunjukan Pj Bupati,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang akrab disapa Mas Dion. Dengan kekosongan jabatan yang di isi oleh Pj Bupati Pasuruan, dimana Pj Bupati Pasuruan akan memiliki kewenangan setara Bupati, Mas Dion hanya bisa berharap Pj ini mampu memberikan kontribusi terhadap masyarakat Kabupaten Pasuruan. (newsroom)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Cuaca Hari Ini

Sidoarjo
haze
24 ° C
24 °
24 °
83 %
1.5kmh
100 %
Kam
33 °
Jum
32 °
Sab
33 °
Ming
33 °
Sen
33 °
- Advertisement -spot_img

Latest Articles